Langsung ke konten utama

Set Your Own Boundaries

        Tadi pagi sambil nyapu dengerin podcast bahas tentang boundaries, batasan-batasan yang kita bikin buat diri sendiri. Menarik banget karena ada satu narasumbernya seorang psikolog. Mulai ngomongin apa itu boundaries dan kenapa penting sekali kita nentuin boundaries buat diri kita. Dari awal pandemi memutuskan untuk pulang ke rumah berarti itungannya udah setahun lebih nih di rumah, kuliah dari rumah dan ngajar les pun ya dari rumah. Waktu terpanjang aku stay di rumah aja sejak lulus SMP, karena mulai SMA udah sekolah jauh dari rumah. Jadi itunglah sepuluh tahun terakhir hidupku lebih banyak di luar rumah daripada di rumah, pulang ke rumah cuma pas libur atau ada acara penting. Salah satu hal yang aku kangenin hidup di luar rumah adalah me time, waktu untuk aku bisa sendirian. Di rumah meskipun punya kamar sendiri tapi gak mungkin bisa beneran sendirian dengan tenang.

          Biasanya kalo di kos, misal capek habis kuliah, capek habis ngajar atau capek habis ketemu orang banyak bisa memulihkan energi dengan berdiam diri di kamar terserah mau ngapain tanpa ada interupsi dari orang lain. Bukan berarti gak suka kalo di rumah, kalo dibandingin rumah sama kos ya lebih nyaman di rumah tapi konsekuensinya itu gak bisa me time dengan tenang. Paling kalo udah beneran gak sanggup dan butuh sendiri kabur ke cafe entah mau buka laptop, baca buku atau cuma bengong doang beberapa jam baru balik lagi ke rumah. Tiap ada teman nanya kapan kamu balik rasanya sedih aja gitu soalnya aku juga pengen banget balik, tapi di masa pandemi gini kerjaan orang tua gak stabil dan akupun gak punya penghasilan tetap jadi lebih masuk akal stay di rumah aja dulu.

        Susahnya set boundaries di keluarga itu ya karena kita udah deket banget tiap hari bareng jadi kayak ya dianggap normal aja gitu misal mau nyuruh, ngatur atau komentar. Mau protes pun masih gak punya nyali, masih takut menyakiti padahal ya sering sakit hati sendiri gara-gara cuma bisa bilang iya, nurut terus, gak bisa menyuarakan pendapat. Jangankan keluarga kadang ke temen aja masih susah, masih suka ngerasa gak enakan. Ini salah satu habit yang beberapa tahun belakangan coba aku ubah, capek kalo jadi people pleasure terus. Capek fisik sama hati kalo terus memaksakan, beruntung di circle pertemanan terdekat ada yang bisa memahami dan encourage untuk lebih mentingin diri sendiri dulu baru orang lain.

        Akhir-akhir ini lagi sering overthinking mikirin hidup, kayak gak tau aja gitu rencana masa depan kayak apa. Langkah selanjutnya kudu gimana, kok masih gini-gini aja ya hidupku. Tapi balik lagi mikir ya pace orang beda-beda kuncinya ya jangan menyerah dan tetap usaha aja kan? Mulai belajar appreciate hal-hal kecil jangan cuma lihat yang besar doang biar lebih sering bahagia daripada sedihnya. Kayak pas kapan hari itu lagi sedih kan, hawanya pengen nangis mulu terus ada nih salah satu mutual yang retweet ada giveaway novel bahasa inggris, karena habis selesei baca novel english jadi pengen baca novel bahasa inggris lagi yaudah ikutan aja. Terus tau gak? Ternyata jadi salah satu yang beruntung menang, di dm sama kakaknya katanya mau dikirimin kopi BTS karena pas nanya aku pernah minum apa belum aku jawab belum karena belum masuk kota ku. Paketnya belum nyampe tapi udah seneng banget jadi lupa kalo lagi sedih. Oh iya satu lagi yang sering aku lakuin akhir-akhir ini, gak mau naggepin postingan, chat atau dm yang bikin aku gak nyaman. Yaudah aku ignore atau restrict, gak mau buang-buang energi mending buat streaming lagu atau nonton drama aja lebih bisa bikin seneng. (diketik tanggal 10 Juni 2021)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Kata-Kata Indah dalam Novel 5 CM*

* if some one asked me what was the greatest moment of my life,,? I'm gonna said this is the greatest moment of my life..( film city of ange l) * ini semua bukan tentang selera, tentang musik, tentang bola atau apapun. itu semua kecil banget dibannding kalau kita bisa menjadi orang yang membuat orang lain bisa bernafas lega karena keberadaan kita disitu. ( Riani ) * Dan semua akan tambah indah kalau loe tetap jadi diri loe sendiri, bukan orang lain ( Arial ) * Akan selalu ada suatu keadaan, kenangan, dan orang-orang tertentu yang pernah singgah dalam hati kita dan meninggalkan jejak langkah di hati kita dan kita pun tidak akan pernah sama lagi seperti kita sebelumnya. * kalau kamu mau nulis ya tulis aja, jangan pernah mikir, langsung menulis apa aja jangan pakai mikir. ( William Forester ) * gak ada yang namanya hoki, tapi kerja keras dengan hati yang gak pernah nyerah, teguh,dan tulus. * Tinta seorang pelajar lebih suci nilainya daripada darah seorang martir. ( Muhammad SAW ) * Or

Lee Ye Won ssi

Les bahasa koreanya udah mau berakhir, ini minggu terakhir *nangis*. Hari senin kemarin Nida saesangnim udah janji mau bawa temennya orang Korea asli yang lagi belajar di kampusnya. Namanya Lee Ye Won, dia berasal dari daerah yang bernama Suwon salah satu kota yang ada di Korea. Kelahiran februari tahun 1994 *tua aku berarti*, ke Indonesia dalam rangka pertukaran pelajar, jadi Ye Won ini kuliah jurusan bahasa Indonesia , pas ditanya kenapa k’ milih jurusan bahasa Indonesia dia menjawab bahwa di Korea hanya dua universitas yang mempunyai jurusan bahasa Indonesia dan dia tertarik dengan Indonesia karena salah satu Negara yang berkembang, orangnya baik, makanannya enak-enak. Ada salah satu temen kelasku bertanya, Ye Won ssi udah pernah ke Negara mana saja selain Indonesia? Dia pernah ke cina untuk belajar, ke Myanmar jadi volunteer, Filipina, Kanada. *itu yang aku inget* Ye Won cerita bahwa di Indonesia itu panas, sedingin-dinginnya disini masih gak sedingin di Korea karena Indones

Goodbye 2018

Lupa terakhir kapan buka blog, ternyata terakhir posting awal tahun 2017 dan sekarang hari terakhir tahun 2018 haha kemana saja aku hampir dua tahun ini gak buka blog? entahlah :')  Tahun ini aku berhasil menyelesaikan tanggung jawab sebagi mahasiswa setelah mundur lama sekali, sempat menyesal tapi yasudahlah udah lewat juga. Ketemu banyak teman baru karena sama-sama suka BTS, yang bikin tahun ini penuh dengan pengalaman baru. Aku tipe orang yang gak gampang dekat dengan orang baru, kenalan sama orang baru atau teman baru aku gak punya kesulitan. Tapi untuk menjadi lebih dekat itu yang susah, dulu pernah dibilangin teman sekolah kalo aku itu suka pilih-pilih teman sampai sedih dan merasa bersalah karena aku gak pilih-pilih teman. Makin kesini jadi sadar ternyata bukan pilih-pilih tapi aku susah untuk membuka diri meskipun udah temenan, kayak ada batas gitu yang gak semua orang aku izinin untuk melewatinya. Nah, karena suka BTS aku mulai aktif di twitter lagi, ketemu teman baru s